THE EFFECTS OF GROUNDWATER ABSTRACTION ON THE GNANGARA AND JANDAKOT MOUNDS, PERTH REGION WESTERN AUSTRALIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Baina Afkril

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang pengaruh abstraksi permukaan air bawah tanah pada dataran tinggi Gnangara dan Jandakot di wilayah Perth, Australia Barat.  Dataran tinggi Gnangara berlokasi di bagian utara wilayah Perth sedangkan Jandakot di bagian selatan.  Kedua dataran tinggi tersebut adalah sumber utama air bawah tanah untuk mensuplai semua kebutuhan air di wilayah Perth, yang membentang sepanjang pantai Swan dan terdiri dari lapisan pasir, silt stone dengan bentangan silt yang tidak teratur serta lapisan lempung dengan ketebalan antara 10 -100 m. Abstraksi air tanah dilakukan perusahaan air minum dan beberapa pihak lain dan berbagai industri dan perusahaan komersial lainnya.  Sementara air tanah diperlukan untuk pertanian, industri dan kebutuhan komersial lainnya.


Abstraksi yang berkepanjangan telah menimbulkan beberapa masalah terhadap kondisi air tanah di sekitar dataran tinggi Gnangara dan Jandakot.  Masalah pertama adalah penutupan permukaan air tanah  (water table). Selama periode 20 tahun (1974-1994) Abstraksi pada dataran tinggi Gnangara telah terjadi penurunan permukaan berkisar dari 3,0 m sampai 0,2 m. Sementara pada dataran tinggi Jandakot mengalami penurunan berkisar dari 1,5 m sampai 0,5.


Karena penggunaan pompa dan tempat lainnya seperti ektensifikasi penggunaan lahan dan perubahan iklim C     (cuaca) kondisi beberapa lahan basah sekitar wilayah Perth turun secara drastis. Selama periode 1976-1985 permukaan air  pada danau Western di dataran tinggi Gnangara turun sekitar 1,0 m sedangkan permukaan Danau Estern berkurang sampai 3,0 m. 


Masalah kedua yang timbul akibat kegiatan abstraksi adalah peningkatan intrusi air laut pada daerah sumber air dekat pantai atau estuary.  Salinitas air tanah pada dataran tinggi Gnangara adalah 130 mg/l TDS (Total Dissolved Solid), hampir mendekati nilai maximum yaitu 1200 mg/l TDS.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afkril, B. (2002). THE EFFECTS OF GROUNDWATER ABSTRACTION ON THE GNANGARA AND JANDAKOT MOUNDS, PERTH REGION WESTERN AUSTRALIA. Jurnal Natural, 1(2), 44 - 49. Retrieved from https://jurnalnatural.unipa.ac.id/index.php/jn/article/view/96